"Kalau kau bukan anak raja, dan kau bukan anak seorang ulama besar, maka jadilah penulis" Al - Ghazali.

Menulis Sebagai Jalan Kebaikan

Assalamu'alaikum warahmatullahiwabarakatuh

Berjumpa kembali dengan saya Owner Tinjak Zero,
Semoga pembaca selalu diberi kesehatan dan dalam lindungan Alah SWT serta dalam kondisi keimanan yang baik.

Rumah Tahfidz Bakti Ilaahi Bengkulu, atau biasa disingkat RTBI adalah lembaga pendidikan yang merupakan bagian dari Yayasan Al Fida Bengkulu, dibawah Unit Bidang Sosial dan Dakwah (Bidsosda). Beralamat di Jl. Belato No 56 Rt 006 Rw 002 Kel. Berkas Kec. Teluk Segara Kota Bengkulu kode Pos 38114.

RTBI di resmikan pada tanggal 12 Januari 2016 dengan tujuan untuk  membina generasi muda yang memiliki keinginan untuk menghafal Quran.  RTBI hadir untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan sebuah lembaga pendidikan al-quran yang berkualitas serta fokus membina hafalan qur’an 30 juz. Dengan adanya RTBI ini diharapkan bisa menjadi kekuatan bagi umat islam terkhusus dalam bidang Tahfidzul Quran, sehingga dapat melahirkan para penghafal Quran yang berkualitas di provinsi Bengkulu.

Fokus Rumah Tahfidz ini pada program menghafal Quran dan pendidikan formal tingkat sekolah menengah pertama selama 3 tahun. Saat Ini status RTBI sudah menjadi Pondok Pesantren, yang sudah dilegalkan secara resmi di Kantor Kementrian Agama Kota Bengkulu, maka sejak surat tersebut dikeluarkan nama RTBI menjadi PP RTBI Bengkulu (Pondok Pesantren Rumah Tahfidz Bakti Ilaahi Bengkulu).


RTBI memiliki Visi Mencetak generasi Penghafal Al-Quran. Sedangkan Misinya Membimbing santri untuk selalu menghafal Al Qur’an dan Menanamkan nilai-nilai yang ada di dalam Al Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.

RTBI memiliki Tujuan
1. Dengan adanya Rumah Tahfidz ini bertujuan sebagai berikut :
2. Menyiapkan generasi muda yang berkualitas dan mencintai al-Qur’an
3. Mempersiapkan calon imam masjid yang berkualitas
4. Membentuk santri yang bermental dan berakhlak Qur’ani
5. Menciptakan masyarakat yang peduli dengan al-Quran dan mengamalkan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari
6. Mencetak hafidz Qur’an sejak usia muda sehingga masih banyak kesempatan untuk belajar ilmu lainnya (Jadilah Muslim yang Utuh pemahamannya).

Saat ini RTBI Bengkulu dipimpin oleh seorang Kepala. Struktur dari RTBI sebagai berikut.
Pembina                       : Ustadz Hamdani Nasution, S.Pd dan Deni Irawan, S.H
Penasehat                     : Ketua Yayasan Al-Fida’ Dr. Dani Hamdani, M.Pd
Kepala                      : Ustad Hilman Nugraha, S.Pd.I
Sekertaris/ Bendahara  : Zefpron Saputra, S.Kom
Co. Kepesantrenan       : Liza Fauziah, S.Pd
Co. Bidang Akademik  : Ari Dafniati, S.Pd
Co.  Tahfidz       : M. Al Aziz Jailani
Humas       : Hariansyah, SP

Kelas Blogger ke 9 adalah salah satu kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh komunitas Blogger Bengkulu setiap bulannya rutin dilakasanakn pada minggu ke 3. Aku sangat senang dapat mengikuti bahakn menjadio panitia dalam kegiatan ini. 

Saat materi kelas blogger ke 9 mengangkat tema Tausiah Blogger, memberikan kami para peserta dan juga santri RTBI sebuah cakrawala baru tentang tujuan dan orientasi menulis.

Imam Al Ghazali dalam nasihatnya pernah berpesan : Kalau kau bukan anak Raja dan kau bukan anak seorang ulama besar, maka jadilah penulis. 

Dalam kegiatan tausiyah Blogger ini selaku pengisi materi Kepala Rumah Tahfidz Bakti Ilaahi Bengkulu, Ustadz Hilman Nugraha, S.Pd.I membahas tentang menulis untuk kebaikan. Menulis sebagai sarana meraih Surga-Nya.

Dilanjutkan pemateri kedua dari Blogger Bengkulu saudara Piter Julius Vero, Owner SepenggalInfo.com. Dari kegiatan tersebut juga dilakukan penggalangan dana sebagai support Blogger Bengkulu dan anggotanya kepada santri penghafal Qur'an.

Semoga kegiatan ini memberikan manfaat sebaik-baiknya kepada para anggota, santri maupun masyarakat umum yang membaca tulisan ini. Aamiin.

Informasi mengenai RTBI bisa menghubungi kontak berikut ini :
Telp (0736) 7323414
Instagram @rtbibengkulu
Hp/Wa
0852 6823 2006 
0896 1700 0221 
0852 6835 9638

Tulisan ini dibuat dalam rangka menjawab tantangan #nulisserempak dari #BloggerBengkulu tentang Kelas Blogger 9 di Rumah Tahfidz Bakti Ilaahi Bengkulu.

Share on Google Plus

About Zefpron Saputra

0 komentar:

Posting Komentar