"Kalau kau bukan anak raja, dan kau bukan anak seorang ulama besar, maka jadilah penulis" Al - Ghazali.

Payung di acara Flash Blogging Bersama Kemkominfo : Mari Mendukung Kemajuan Indonesia

Payung,

Alat yang selalu menjadi bagian hidup manusia modern. Payung dapat melindungi ketika hujan dari kucuran air, atau melindungi kulit ketika terik matahari menyengat. Payung, itulah yang menjadi bagian dari doorprize untuk peserta Flas Blogging yang dilaksanakan di Hotel Amaris Bengkulu. Dilaksanakan hari Jum'at Tanggal 27 April 2018. Mengangkat tema "Menuju Indonesia Maju".

Payung,

Awalnya aku seperti biasa, membuka aplikasi media sosial Whatshap. Ada pesan masuk dari teman-teman komunitas, hari jum'at bisa ikut kegiatan pelatihan di Hotel Amaris atau tidak !!! 

Matahari bercahaya dengan malas, Sejak beberapa hari yang lalu aku sangat antusias untuk hadir dalam acara Flash Blogging yang diselenggarakan oleh Direktorat Kemitraan Komunikasi (Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik, Kemkominfo) dan Dinas Kominfo Provinsi Bengkulu. Bahkan Saking Semangat dan antusianya aku mengikuti acara ini aku menandai kalender dan memasang alaram pengingat di HP.

Flash blogging ini adalah acara yang pertama kali aku ikuti sejak menjadi blogger. Jaminan ilmu yang akan didapat, serta bertemu dengan teman blogger lainnya yang memang seringnya hanya bertemu saat ada acara untuk blogger saja, atau hanya melalui media sosial saja (Medsos).

Acara Pembukaan

Aku datang agak terlambat karena belum makan dari rumah, aku sengaja singgah di salah satu warung makan yang tidak jauh dari lokasi. Ketika tiba di hotel Amaris panitia mempersilahkan aku untuk melakukan registrasi. Acara baru saja akan dimulai ketika aku masuk ruangan meeting room, ruangan sudah dipenuhi oleh peserta dari kalangan blogger serta undangan lainnya dari kota Bengkulu, bahkan peserta ada juga yang dari Kabupaten.

Rangkaian acara flas blogging ini juga sebagai momen bertemunya pemerintah (Kemkominfo) dengan stakeholder, salah satunya adalah Relawan TIK termasuk diantaranya para blogger. Saat ini arus informasi begitu derasnya baik yang berisi konten positif maupun konten negatif. Blogger memiliki peran penting dalam deseminasi informasi dengan memiliki etika penulisan dan penyebaran informasi yang baik di dunia digital. Harapan ke depan, para blogger memiliki kontribusi lebih dalam menyebarkan informasi positif dan mendukung kemajuan Indonesia tak hanya di bidang teknologi saja, namun menjadi corong dalam menyampaikan informasi yang benar, baik dan sesuai realita, bukan Hoax.
Yang mendapat Payung

Dalam acara Flash Blogging ini, menghadirkan narasumber, antara lain :

Dari Sudut Istana, Handoko Sudarta – Tim Komunikasi Presiden (TKP)
Sebagai anggota Tim Komunikasi Presiden, Bapak Handoko Sudarta menjelaskan tentang apa yang telah dilakukan pemerintahan Presiden Jokowi untuk Indonesia. Mensosialisasikan program yang telah dilakukan pemerintah kepada masyarakat menurutku menjadi hal yang sangat baik untuk mengurangi prasangka dan tudingan negatif akan kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah. Tim Komunikasi Presiden memiliki peran penting untuk mendekatkan Pemerintah dan sosok Presiden Jokowi kepada masyarakat. Salah satu cara pendekatan yang dilakukan adalah melalui media sosial resmi milik Presiden Jokowi yang umumnya berisi tentang aktivitas Presiden Jokowi. Ingin tahu apa yang dilakukan oleh seorang presiden, kita dapat mengikutinya melalui Youtube, Website, Facebook, Twitter, dan Instagram. Dalam perjalanan tahun pertama, pemerintah telah membangun pondasi, lalu melakukan percepatan di tahun kedua dan pada tahun ketiga ini, pemerataan sedang gencar dilakukan oleh pemerintah. Beragam video dari Tim Komunikasi Presiden disajikan sebagai bukti adanya kemajuan yang ada di Indonesia. Banyaknya masyarakat Indonesia yang semakin berseri dan tersenyum terwujud dalam video tersebut.

Tak hanya itu, Tim Komunikasi Presiden juga menyampaikan sisi lain kehidupan istana melalui Channel Youtube Sudut Istana. Kisah dan cerita tentang kehidupan sosok presiden dan lingkungannya terlihat dari video di channel tersebut. Salah satu video yang menarik adalah perubahan dan tantangan yang dirasakan oleh Paspampres pada era kepemimpinan Presiden Jokowi.

Dalam acara ini diagendakan Kehadiran Staf Khusus Mensesneg yaitu Dr Sukardi Rinakit, namun karena ada agenda mendadak ia batal hadir secara langsung, dalam sesi acara tersebut diputarkan video live dari Dr Sukardi. Sebagai seorang penulis, Dr. Sukardi Rinakit yang pernah menjadi Staf Khusus Presiden baik saat menemani Presiden Abdurahman Wahid (Gus Dur), Presiden wanita Pertama di Indonesia Ibu Megawati, dan juga saat ini Presiden Jokowi. Sebuah quote yang sangat membangun nasionalisme dari Dr Sukardi Rinakit adalah "Jangan Pernah Lelah Mencintai Indonesia". 

Dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh salah satu aktivis blogger nasional, mba Mira Sahid. Banyak pesan yang di sampaikan oleh mba mira. Sebuah quote yang sangat menarik dilaksanakan dan di aplikasikan dalam kehidupan kita saat ini, "Dimedsos kita dikenal dari status kita, jadi hati-hati bermedsos".

Diakhir materi mba mira menyampaikan pesan yang sungguh sangat berharga, "Tetaplah menulis maka kau akan tahu dirimu".
Bersama Mira Sahid

Di sesi penutup acara, diadakan lomba flash blogging alias ngeblog ditempat dengan waktu satu jam. Tujuannya untuk menceritakan rangkaian kegiatan hari ini. Ternyata membuat konten dengan waktu yang terbatas itu tidak mudah. Tantangan tak hanya tentang bagaimana kita bisa menceritakan kembali rangkaian acara yang telah dilalui, tetapi juga muncul dari kebiasaan kita membaca, semakin sering dan banyak kita membaca semakin baik juga kualitas tulisan kita.

Dalam tulisan ini saya tidak muluk-muluk dalam berangan. Semoga dapat memberikan informasi positif yang dapat membangun, menjadi pemenang dari lomba flas blogging ini adalah harapan. Heheheheheh. Acara ini tak hanya memberikan saya informasi berharga tentang perkembangan Indonesia, kebijakan pemerintah, informasi lain tentang kepenulisan kreatif di blog dan hal lainnya.
Photo Bersama

Terakhir, terima kasih seluruh pihak yang telah terlibat dalam acara ini dan membuat kami para blogger Palembang bisa kumpul kembali. Tak lupa terima kasih kepada atasan saya yang mengijinkan saya cuti demi hal yang saya sukai dan menambah ilmu bagi saya. Hehehe.

Tulisan ini dalam rangka menjawab tantangan menulis #flasbloggingbengkulu .
Share on Google Plus

About Komando Badar TV

1 komentar: