"Kalau kau bukan anak raja, dan kau bukan anak seorang ulama besar, maka jadilah penulis" Al - Ghazali.

Menjadi Blogger, Pilihan atau Keisengan

Menjadi Blogger, Pilihan atau Keisengan 

Hai, Selamat datang, calon blogger! berjumpa kembali para pembaca, dengan saya selaku pemilik Blog Tinjak ZeRo.

Saya akan memberitahu anda 2 fakta sebelum memulai  menulis di Blog:
Pertama. Kalau sekadar membuat blog, caranya sangat mudah semudah mengupas kulit kacang. Namun supaya blognya sukses, tidak mudah. Bahkan membutuhkan proses yang sangat panjang.
Kedua. Anda mungkin tertarik untuk menjadi blogger setelah berkunjung ke beberapa situs blog besar di Indonesia, kemudian kagum dengan mereka. Atau juga anda adalah salah seorang peserta seminar motivasi yang mengisahkan tentang cerita sukses mereka di seminar tersebut. Bisa juga karena mendengar bahwa blog bisa menghasilkan uang.

Dilaksanakan di Hotel Raffles City, Tanggal 30 s.d 31 Oktober 2017. Sebagai pelaksana Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Bengkulu. Acara tersebut bertema Bimbingan teknis pembuatan blog Angkatan V.

Saya tidak hanya akan mengajari anda cara membuat akun baru di Blogger/Blogspot dan cara instalasi WordPress, kalau cuma itu sih 3 menit juga selesai. Namun saya ingin mengingatkan anda hal yang lebih penting lagi, yaitu cara membuat blog yang berpeluang tinggi untuk sukses.

Baca juga :

Hampir semua blogger baru pada akhirnya gagal setelah 1-3 bulan pertama. Hanya sedikit yang bisa sukses. Penyebabnya tentu karena mereka membuat blog secara asal-asalan. Bisa jadi karena topiknya campur-aduk, kontennya tidak berkualitas, promosinya tidak jelas. pokoknya serba berantakan, karena blognya sepi terus, akhirnya mereka bosan.

Menjadi Media Dakwah sendiri adalah hal yang bermanfaat ganda tentunya. selain mengingatkan orang lain tentu juga sebagai nasehat bagi diri sendiri. Bagi Anggota Blogger Bengkulu (BoBe) dan Aparatur sipil di Provinsi Bengkulu, yang mendapatkan kesempatan ikut serta menjadi peserta.

Perencanaan blog adalah hal luar biasa pentingnya, tidak buang-buang waktu, uang, dan tenaga. Maka dari itu, sebelum kita masuk ke cara membuat blognya, kita akan bahas dulu persiapannya.
Panduan ini terdiri dari beberapa bab mulai dari persiapan, instalasi, dan penggunaannya.
1. Tentukan topik utama blog
Salah dalam memilih topik akan menyebabkan blog anda susah berkembang. Ini sering dialami oleh banyak blogger pemula sehingga mereka harus mengulang lagi dari nol. Pelajari cara memilih topik yang tepat untuk anda.
Mildaini Pemateri Pertama Bimtek

2. Pilih platform blog yang tepat
Salah satu proses terberat dalam memulai blog sudah kita lewati. Teknologi jaman sekarang sudah canggih. Dengan menggunakan platform blogging, anda bisa menulis di blog seperti menulis di Notepad dan Microsoft Word.

3. Tentukan penyedia layanan hosting dan domain
Domain: nama/alamat website anda. Blog ini domain-nya Panduan IM.com. Hosting: tempatnya file-file blog anda disimpan. Seperti harddisk kalau di komputer.

4. Tentukan nama domain
Nama domain akan selalu melekat pada blog anda. Meskipun masih bisa diganti, tetapi bakal repot dan kalau salah bisa fatal akibatnya. Maka dari itu sebaiknya tentukan matang-matang nama domain di awal.

Ini 7 hal yang harus anda perhatikan:
1. Gunakan .com
2. Hindari nama sama dengan website populer
3. Mudah diingat, ditulis, dan diucapkan
4. Sesuaikan dengan topik blognya
5. Hindari tanda strip/minus (-) dan angka
6. Jangan gunakan merek milik orang lain
7. Cek juga ketersediaan username-nya di jejaring sosial
Beberapa orang mungkin tidak akan setuju pada poin pertama, karena sebetulnya ada ekstensi lain selain .com yang juga bagus. Seperti co.id, net, org dan sebagainya. 

Itulah sebagian ulasan saya tentang blogging, hal lainnya akan saya lanjutkan bahasannya pada tulisan saya yang lain.

Tulisan ini dibuat untuk menjawab tantangan menulis blog dalam acara Bimbingan Teknis Pembuatan Blog yang diadakan oleh Dinas Komunikasi, Informatika dan statistika Provinsi Bengkulu.

@kominfonews
@mediacenter

#BimtekBlogDiskominfotikBengkulu2017
#BimtekBlogDiskominfotikBKL
Photo Bersama
Share on Google Plus

About Komando Badar

1 komentar: