"Kalau kau bukan anak raja, dan kau bukan anak seorang ulama besar, maka jadilah penulis" Al - Ghazali.

Cemilan Nikmat Pengganti Makan

Cemilan Nikmat Pengganti Makan

Kedelai masuk dalam keluarga kacang-kacangan. Kacang kedelai kering mengandung protein jauh lebih banyak daripada kebanyakan jenis kacang-kacangan serta biji-bijian lainnya yaitu sekitar 40%. Kedelai juga mengandung lemak sekitar 20%, yang sebagian besarnya adalah jenis lemak tak jenuh atau 'lemak baik', namun tetap meningkatkan kalori dalam kedelai yaitu sekitar 170 Kalori per berat kering 100 g. Biji kedelai utuh merupakan sumber banyak vitamin dan mineral dengan jumlah tinggi, termasuk beberapa vitamin B kompleks (asam folat, niasin, riboflavin, thiamin), magnesium, fosfor, seng, zat besi dan kalsium.


Hasil Olahan produk makanan dari kedelai sangat populer di Indonesia, dan kebanyakan orang mengkonsumsinya dalam bentuk seperti tahu, tempe, susu kedelai, sayur, dan masih banyak produk lainnya. Kedelai merupakan sumber tinggi protein dan asam amino yang sangat bermanfaat, terutama bagi kaum penganut diet vegan dan vegetarian yang tak/ kurang makan sumber protein dari hewani. Advertisement Banyak sekali manfaat kedelai bagi kesehatan, termasuk yang berasal dari kandungan isoflavon, yang merupakan fitokimia dan fitoestrogen yang bersifat antioksidan.

Namun banyak juga yang mengkhawatirkan efek negatif dari isoflavon yang dikaitkan dengan penyebab hipertiroidisme. Isoflavon secara struktural adalah mirip dengan hormon wanita, estrogen; dan bahan kimia ini bisa meniru sifat-sifat estrogen, yaitu hormon alami wanita. Manfaat lainnya dari kedelai seperti tempe dan tahu atau susu kedelai, termasuk pencegahan terhadap kanker, menghilangkan gejala-gejala menopause, mengurangi risiko penyakit jantung, menurunkan kolesterol, dan mengurangi risiko osteoporosis.

Nutrisi kedelai Sekitar 50% energi dari kedelai adalah berasal dari lemak, namun hanya sekitar 15% saja yang merupakan lemak jenuh . Dan sekitar 40% energi kedelai berasal dari protein, lebih tinggi jika dibandingkan dengan jenis kacang-kacangan lainnya. Kedelai hanya menyediakan 30% serat pangan lebih rendah dari jenis kacang-kacangan lainnya. Nutrisi yang lebih tinggi dalam kedelai adalah termasuk kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, seng, tembaga, tiamin, riboflavin; dan nutrisi yang lebih rendah dalam kedelai adalah natrium dan niacin.

Tempe dan Tahu Tempe jauh lebih kaya nutrisi dibanding jenis produk kedelai lainnya, lebih padat dan hanya memiliki sedikit kadar air, menyediakan dua kali kalori, lemak, protein, dan empat kali lebih banyak karbohidrat. Nutrisi yang tertinggi ada pada tempe, sekali lagi itu mencerminkan lebih rendah kadar air dan memiliki kepadatan lebih baik. Namun tempe mengandung lemak jenuh tiga kali lipat dari tahu.

Manfaat Tempe dan Tahu :
1. Berpotensi menurunkan kolesterol
2. Mengurangi Resiko Kanker
3. Menguatkan tulang dan menyingkirkan gejala menopouse
4. Kedelai mengandung estrogen?
5. Kedelai bisa menyebabkan hipertiroid.
Dari manfaat tersebut tidak perlu repot makan dengan sayur dan nasi, namun berbagai kreasi makanan sudah menjamur. Salah satunya adalah tahu bakso.

Hujan, Banyak tugas, Atau sedang sibuk sehingga kesulitan masak menjadikan kewajiban mengisi perut dengan masakan nikmat yang dimasak sendiri terhalang. Namun masalah tersebut dapat diatasi dengan makan-makanan cemilan yang mengenyangkan. Tahu MJ, pernah dengar !!!
Tahu MJ adalah produk tahu yang dikreasikan dengan Bakso.

Baca juga :

Teman-teman yang penasaran dan  belum pernah mencoba dapat membelinya di :
Warung MJ, yang bertempat di Jalan Kapuas Raya Lingkar Barat Bengkulu.
Owner : Sefti Ovfianti
Berminat dapat menghubungi ke nomor HP/WA : 0899 222 0658
Untuk akun medsosnya bisa ke :
Fb: Tahu Bakso MJ
IG: @warungmj
Share on Google Plus

About Zefpron Saputra

2 komentar:

  1. Wah..ternyata selain enak mengkonsumsi tahu banyak manfaatnya untuk kesehatan ya kak..mantab jiwa.

    BalasHapus
  2. Wah..ternyata selain enak mengkonsumsi tahu banyak manfaatnya untuk kesehatan ya kak..mantab jiwa.

    BalasHapus