"Kalau kau bukan anak raja, dan kau bukan anak seorang ulama besar, maka jadilah penulis" Al - Ghazali.

4 Produk Unggulan provinsi Bengkulu, no 2 bisa buat Ketagihan

4 Produk Unggulan provinsi Bengkulu, no 2 bisa buat Ketagihan

Hari kedua Bimbingan teknis pembuatan Blog bagi aparatur dan masyarakat di provinsi Bengkulu kembali dilanjutkan. Masih dilokasi yang sama yaitu di Hotel Raffles City. Sebagai pelaksana Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Bengkulu. Acara tersebut bertema Bimbingan teknis pembuatan blog Angkatan V.

Pada materi pertama disampaikan oleh narasumber H. Puthut Eko Pramono, M. Si dengan 2 materi. Pertama tentang 5 (lima) Program prioritas Gubernur Bengkulu dan materi kedua Produk unggulan provinsi Bengkulu.

Salah satu program perioritas Provinsi Bengkulu saat ini adalah "PENGUATAN KOMODITAS UNGGULAN AGRO-MARITIM DAN HILIRISASI"
Kebijakan dan program yang dilakukan meliputi intensifikasi dan diversifikasi produk unggulan Agro-Maritim. Seperti pengembangan tanaman unggulan dan pengembangan perikanan budi daya.

Produk Unggulan Provinsi Bengkulu ada 4, antara lain :
1. Jeruk Gerga
2. Jeruk Kalamansi
3. Pisang Curup
4. Udang Vaname

(1) Jeruk Gerga
Sumber : http://balitjestro.litbang.pertanian.go.id

Jeruk Gerga adalah salah satu produk pangan unggulan Provinsi Bengkulu dan telah bersertifikat, bebas dari zat berbahaya. Jeruk Gerga memiliki bentuk yang berbeda dari jerus manis pada umunya. Kulitnya agak tebal, memiliki tekstur dan warna orange menyala seperti jeruk Mandarin. Jeruk yang banyak ditemukan di Kabupaten Lebong ini memiliki aroma dan rasa yang khas.

(2) Jeruk Kalamansi
Jeruk Kalamansi menjadi salah satu produk unggulan Provinsi Bengkulu karena tingginya daya jual dan cepatnya masa produksi buah. Jeruk Kalamansi memilki masa produksi buah yang terbilang cepat, yaitu enam bulan setelah masa tanam. Permulaan gerakan budidaya jeruk Kalamansi ini ditandai dengan pencanangan gerakan “Satu Desa Satu Produk” oleh Wakil Presiden Boediono pada tahun 2009.
Sumber : Wikipedia.org

Plt Gubernur Bengkulu pada salah satu kesempatan secara khusus pernah meminta warga Kelurahan Padang Serai Kota Bengkulu untuk menanam Jeruk Kalamansi disepanjang depan rumah masing-masing, saat kelurahan tersebut diresmikan menjadi kampung digital Jeruk Kalamansi. Jeruk Kalamansi juga merupakan salah satu produk pangan unggulan Provinsi Bengkulu dan telah bersertifikat, bebas dari zat berbahaya.
Jeruk Kalamansi sebagian besar dijadikan olahan sirup, dengan memiliki ciri khas rasa yang membuat lidah ingin menambah.

Baca juga :

(3) Pisang Curup
Oisang Curup adalah pisang yang banyak diproduksi di Kabupaten Rejang Lebong. Pisang sejenis pisang ambon ini banyak diminati pecinta pisang, karena memiliki rasa manis dan aroma yang khas.

Pisang Curup salah satu produk pangan unggulan Provinsi Bengkulu yang telah bersertifikat, bebas dari zat berbahaya ini, umumnya banyak dijual di jalan lintas Bengkulu-Sumatera Selatan dan banyak diminati luar daerah Bengkulu sebagai oleh-oleh.

(4) Udang Vaname
Provinsi Bengkulu memiliki wilayah kelautan dan perikanan yang potensial. Termasuk potensi budidaya udang vaname yang terletak di Bengkulu Tengah dan sebagian daerah lainnya.

Meski pengembangan produk unggulan Udang Vaname belum tergarap dengan baik. Namun hal tersebut memiliki potensi yang sangat besar. Udang Vaname sebagai salah satu produk unggulan sektor maritim/perikanan Provinsi Bengkulu dari sisi kualitas tidak kalah dengan daerah-daerah lainnya. Hanya saja persoalan distribusi dan perluasan pasar masih terbilang lemah. Termasuk pembangunan sentra-sentra produk Agro-Maritim serta terminal agribisnis. Jika kegiatan tambak udang diberdayakan dengan baik, maka industri pengolahan udang segar siap ekspor akan tumbuh di Bengkulu.

Dari keempat produk tersebut, jujur baru dua jenis yang sudah sering saya nikmati. Yaitu jeruk gerga dan jeruk kalamansi. Untuk Pisang curup dan Udang Vaname, bisa jadi sudah pernah memakannya. Hanya saja karena adanya keterbatasan informasi terkait hal itu menjadikan saya, jika bertemu pisang atau udang ya dimakan saja. :D

Namun sebagai orang Bengkulu yang lahir dan dibesarkan di Bengkulu merasa sangat bangga akan pencapaian itu. Mari bersama kita sukseskan dan dukung produk unggulan Provinsi Bengkulu, dengan membeli, maupun hanya sekadar memberitahukan kepada teman, keluarga.

Baca juga :

Aparatur dan Masyarakat Provinsi Bengkulu ikut Bimtek Pembuatan Blog

Menjadi Blogger, Pilihan atau Keisengan

Tulisan ini dibuat untuk menjawab tantangan menulis blog dalam acara Bimbingan Teknis Pembuatan Blog hari kedua yang diadakan oleh Dinas Komunikasi, Informatika dan statistika Provinsi Bengkulu bersama komunitas Blogger Bengkulu.

Oleh : Zefpron Saputra (Tinjak ZeRo)


@mediacenter
@diskominfotik 
@kominfonews

#BimtekBlogDiskominfotikBKL
#BimtekBloggerBengkulu
Share on Google Plus

About Komando Badar

1 komentar: