"Kalau kau bukan anak raja, dan kau bukan anak seorang ulama besar, maka jadilah penulis" Al - Ghazali.

6 Kue Tradisional dari Bengkulu dan Saat Kemunculannya

6 Kue Tradisional dari Bengkulu dan Saat Kemunculannya

Kue Lepat Binti
Kue Tradisional Bengkulu
Assalamu'alaikum warahmatullahiwabarakatuh
1. Kue Ketan Bumbu
Kue ini terbuat dari bahan ketan yang dimasak dengan santan kemudian ditaburi dengan kelapa serundeng (diatasnya sehingga memiliki rasa yang asin, gurih, dan sedikit pedas. Kue ini biasa di gunakan pada acara adat Bengkulu, yaitu acara Berasan.

2. Kue Som
Ini adalah kue bolu khas Bengkulu. Kue ini tidak menggunakan mentega namun memakai minyak goreng pada proses pembuatannya, dilapisi dengan selasih dari asam jawa dan gula. Kue ini biasa di gunakan pada acara pernikahan adat Bengkulu yaitu saat akad nikah dan Bedendang.

3. Kue Pede
Dengan bahan tepung ketan dan ekstrak jahe dan gula. Dengan memiliki rasa yang manis dan pedas (Pede) yang berasal dari rasa jahe. Kue ini biasanya dihidangkan dalam acara adat pernikahan Bengkulu. Pada saat Tunangan dan Akad Nikah.

4. Kue Bolu Koja
Terbuat dari bahan-bahan tepung, santan, telur, gula, dan ekstrak daun pandan dan suji. Akan sering dijumpai pada saat acara-acara adat bengkulu, mulai dari pernikahan (Melamar, berasan, bedendang, akad nikah, menjalang). Juga sering dijumpai saat hari-hari besar keagamaan (Idul fitri, idul adha).

5. Kue Daun Kayu
Tepung, gula, santan, telor, dan diisi oleh selai nanas dengan bahan-bahan tersebut dibentuk menyerupai daun. Kue ini biasanya digunakan pada rangkaian acara pernikahan adat Bengkulu, yaitu pada saat acara memberi tanda atau melamar hingga pada saat acara akad nikah. Kue ini juga seringkali disajikan saat hari besar keagamaan (Idul fitri, idul adha).

6. Kue Koci
Dibuat dari tepung ketan, lalu diisi dengan tumbukan kacang hijau yang diaduk dengan gula. Biasanya kue ini ada saat adat pernikahan bengkulu (saat bertunangan dan malam berasan).

Share on Google Plus

About Zefpron Saputra

4 komentar:

  1. kalau aku mah ga pake waktu, habis enak, aku siap melahap kapan saja :D

    BalasHapus
  2. Kue bolu koja udah menjadi makanan favorite buat menjamu tamu, jualan kue, dan lebaran idul Fitri. Ibuku selalu bikin bolu koja untuk di jual dan dititipin ke warung setiap harinya

    BalasHapus
  3. Kue bolu koja udah menjadi makanan favorite buat menjamu tamu, jualan kue, dan lebaran idul Fitri. Ibuku selalu bikin bolu koja untuk di jual dan dititipin ke warung setiap harinya

    BalasHapus
  4. Kue bolu koja udah menjadi makanan favorite buat menjamu tamu, jualan kue, dan lebaran idul Fitri. Ibuku selalu bikin bolu koja untuk di jual dan dititipin ke warung setiap harinya

    BalasHapus