"Kalau kau bukan anak raja, dan kau bukan anak seorang ulama besar, maka jadilah penulis" Al - Ghazali.

Bengkulu Triathlon 2017, dikunjungi KRI Banda Aceh

Bengkulu Triathlon 2017, dikunjungi KRI Banda Aceh

KRI Banda Aceh
Menurut website PT PAL, KRI Banda Aceh adalah merupakan kapal perang berjenis Landing Platform Dock dengan ukuran panjang 124,97 meter dan lebar  22.004 meter. Berat kapal ini mencapai 7.286 ton. Kapal perang ini memiliki kecepatan maksimum 15 knot dan memiliki daya angkut sebanyak 344 personel. Kapal ini juga mampu menampung 5 unit helikopter jenis MI-2 atau Bell 412, 2 unit LCVP, 3 unit meriam Howitzer, dan 20 Tank. Untuk persenjataan perang, kapal ini dilengkapi meriam kaliber 20 mm dan 40 mm.

KRI Banda Aceh 593 selain membawa pasukan, juga mengangkut logistik dan alat utama (alut) yang dimuat. KRI Banda Aceh 593 ini adalah salah satu kapal jenis LPD produksi dalam negeri di bawah binaan Kolinlamil satuan operasi Satlinlamil Jakarta yang sangat aktif dalam melaksanakan tugas operasi baik di dalam maupun di luar negeri.

Hiburan di kapal ini antara lain lantai kapal yang dicat menjadi lapangan basket, lengkap dengan ringnya. Ada pula panggung kecil yang dapat menjadi tempat organ tunggal bermain musik dan menghibur para prajurit. Hiburan yang paling menjadi andalan adalah sebuah layar lebar yang bisa disulap untuk menonton film.


Belum pernah sekalipun aku bermimpi atau memimpikan naik Kapal Perang. Namun  pada malam hari tanggal 22 Juli 2017 aku berada di atas KRI Banda Aceh 593. Sungguh perasaan yang sangat luar biasa karena bisa berada di atas Kapal yang menjadi salah satu andalan TNI. Berdiri di atas salah satu alat utama sistem persenjataan (Alutsista) milik Tentara Nasional Indonesia (TNI) tentu sudah menjadi sebuah kebanggaan bagiku.Yang jelas, tidak semua orang bisa berada di atas kapal KRI Banda Aceh. Lebih lagi, KRI Banda Aceh ini merupakan produksi PAL Indonesia dan merupakan salah satu kapal milik TNI Angkatan Laut dengan operasional paling rajin angkat jangkar.

Kapal ini juga menjadi andalan untuk aneka kegiatan baik itu pengamanan negara, evakuasi kecelakaan pesawat, hingga membantu pelaksanaan arus mudik.



Kemegahannya semakin terlihat ketika malam hari
Sebelum masuk

Tangga penghubung lantai

Salah satu sudut Kapal

Photo bersama petugas jaga
Panggung utama yang menjadi lokasi hiburan dan lapangan olahraga
Photo bersama dengan pemenang lomba triathlon
Sungguh hal ini tidak dapat digambarkan hanya dengan kata-kata saja, ada rasa bangga yang tersimpan didalam sanubari. Apalagi ketika aku tahu para pemenang lomba triathlon ini sebagian besar adalah anggota KOPASKA.

#BravoTNI
#Jalesveva Jayamahe
Share on Google Plus

About Zefpron Saputra

0 komentar:

Posting Komentar